15 February 2011

Nelayan di Pantai Meninting, Lombok


Hari libur karena Maulud Nabi Muhammad ini ane manfaatkan untuk memancing bersama teman ane di Perairan sekitar Pantai Meninting, yang kemaren udah janjian ama masternya mancing. Ane sampai di Lokasi jam tujuh pagi, ternyata di sini sudah ramai oleh para nelayan, ada yang melaut untuk memancing, ada juga yang sedang menarik jala/jaring di pinggir pantai.

Nah ane tertarik untuk melihat lebih dekat kegiatan yang satu ini, ane kesini kurang pagi jadi gak tahu gimana awalnya, saat sampai sini mereka sudah menarik jaring sambil duduk. Kegiatan menarik jaring ini dilakukan oleh 2-4 orang, yang paling belakang bertugas menggulung tali yang ditarik agar untaian tali tetap teratur. Ternyata cukup lama juga menarik tali yang ujungnya jaring ini, ada deh sekitar setengah jam. Buset ane mikir, itu tali panjangnya berapa kilometer, kok dari tadi gak selesai selesai.

Dan akhirnya penantian ini usai, sedikit demi sedikit terlihat juga jaringnya yang berwarna kuning yang sangat mencolok. Setelah ditarik semua, baru kelihatan ikan ikan yang didapat, oalah jaring sepanjang ini ternyata hanya bisa mendapatkan sedikit ikan, selain sedikit, ikannya kecil kecil bro, miris sekali tidak seimbang dengan usaha yang berat untuk menarik jaring. Berbagai jenis ikan kecil yang didapat, paling besar seukuran tiga jari, eh ada cumi-cumi nya juga ternyata. Iseng iseng ane tanya harganya, eh ternyata harga cumi cumi kecil ini dua ribu rupiah, mahal juga ya....



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive