Mengembara dengan Cinta

Custom content

Tradisi Lebaran Topat di Lombok

No comments
(2011). Pagi-pagi bangun tidur, kok denger suara takbir ya.. Apa ini mimpi? Padahal khan idul fitri udah seminggu yang lalu. Hmm usut punya usut ternyata hari ini warga Lombok merayakan Lebaran Topat (Topat = Ketupat). Lebaran Topat adalah lebaran yang dirayakan warga Lombok setelah mereka Puasa Sunnah di Bulan Syawal yang dimulai dari tanggal 2 Syawal selama enam hari. karena udah menjadi tradisi, entah itu muslim maupun bukan, warga beramai ramai membuat ketupat dan Opor. Kegiatan utama yang dilakukan adalah ziarah makam batulayar yang dipercayai sebagai tempat mendaratnya Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami sekitar Abad 17 selaku penyebar Agama Islam di Lombok. Setelah itu mereka beramai ramai wisata ke pantai Batulayar dan Senggigi.

Suasana ramai juga terjadi di beberapa lokasi ziarah lainnya. Di kota Mataram saja, ada makam Loang Baloq dan makam Bintaro. Loang Baloq di Kelurahan Tanjung Karang merupakan makam penyebar Islam Gaos yang mati terbunuh oleh orang yang menolak ajaran yang dibawanya. Sedangkan Bintaro di Kelurahan Ampenan Utara adalah merupakan makam ulama Islam dan tokoh pejuang Saleh Sungkar. Adapun di sepanjang pantai barat Lombok Barat setelah Batu Layar, ada lima lokasi ziarah makam lainnya yaitu Anak Tiwuk di tengah laut Teluk Lembar, Jerangnjang di pantai Endok Lembar, Medana di Tanjung. Jadi ribuan warga yang berasal dari segala Penjuru Lombok akan berkumpul di lokasi lokasi tersebut, dan dipastikan jalanan akan macet di sekitar lokasi tersebut.

Oia selain itu ada juga tradisi Perang Topat (tidak ada hubungan nya dengan Lebaran Topat), mengenai Perang Topat ini ane bahas di Postingan lain, beserta Foto Fotonya. Klik Aja di Sini untuk Perang Topat.

Nah untuk Lebaran Topat Tahun 2012, bisa di klik di sini.

No comments :

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar