14 May 2013

Menguak Keindahan Pulau Kenawa, Sumbawa Barat

Yeah, akhirnya gue bisa juga menginjakkan kaki untuk kedua kali di Pulau Kenawa, pulau yang sunyi sepi ini memang selalu ngangenin. Weekend ini gue bersama tiga temen gue dari Mataram serta satu orang dari Sumbawa berkesempatan camping di Pulau Kenawa.

Nah Di Mataram kita menyewa tenda di Wikarya, Jl. Tanggul No. 21, Sukaraja, Ampenan seharga 25 ribu/malam. Sedangkan perlengkapan yang lain kita bawa sendiri..

Untuk Sampai ke Kenawa kita menempuh jalur Mataram - Pelabuhan Kayangan - Pelabuhan Pototano - Pulau Kenawa. Dari Pelabuhan Kayangan ke Pototano, tiketnya 49.500/motor (April 2013), ditempuh sekitar sejam perjalanan laut. Nah dari Pototano kita nyebrang lagi ke Pulau Kenawa menggunakan Glass Bottom Boat yang kami sewa di pintu gerbang penyeberangan Pulau Kenawa (hanya berjarak 300 meter dr Pototano).

Karena menggunakan Glass Bottom Boat, kita kena charge 300 ribu antar jemput, plus diantar ke lokasi terumbu karang untuk ngelihatnya lewat glass bottom nya... Sedangkan motor kita, dititipkan di Pos Kelautan dan Perikanan Pototano.

Gak lama, gak sampai 15 menit, kita pun sampai juga di Pulau Kenawa, yeyeeee.... Sama seperti saat pertama dulu gue sampai pulau ini, setelah naruh barang barang, gue langsung manjat tower dan foto foto dari atas tower.

Biar gak terlalu kesorean, kita pun lanjut dengan mendirikan tenda. Lokasi yang kita pilih yaitu ada di utara pulau, dengan pertimbangan mendekat ke lokasi snorkling. Oia harapan kita kita ke kenawa lagi bulan ini adalah untuk melihat pulau kenawa berwarna hijau, karena dulu pas pertama kali ke sini saat itu lagi musim kemarau, sehingga warnanya coklat. Tapi sayang seribu sayang di pulau kenawa ini udah lama gak ujan, sehingga rumput pun mulai berubah warna menjadi kecoklatan.

Tenda udah berdiri, yang lain siap siap masak untuk makan malam, gue berjalan ke tengah pulau, naik ke bukit kecil, menikmati sunset yang terlihat malu malu tertutup awan mendung. Sayang sekali ya, kurang cerah sore ini...

By the way camping kali ini sedikit mewah nih, banjir makanan. Ada ikan, nanas, beras, sosis, mie instan, nasi ransum (Nasi Instan), telur, roti, kacang kulit, wafer. Huahaha dijamin gak bakalan kelaparan dua hari ini. Dan menu makan malam ini adalah Ikan Bakar Nanas.. Gak perlu susah susah buat bumbu untuk makanan ini, cukup dibakar saja ikannya trus di lumuri saos + kecap dan disajikan dengan potongan nanas. Aaaaa nikmat banget, sumpah deh ini ikan bakar paling nikmat yang pernah gue makan..

Perut udah kenyang, kita kita pun menuju ke berugak yang ada di deket tenda, nah dimulailah pertandingan kartu tingkat Pulau Kenawa....huahaha... Gak kerasa, ternyata lama jug akita maen kertunya. Sekitar jam 2 dini hari, mata udah pada kriyip kriyip dan balik dah semuanya ke tenda masing masing buat tidur.

Nah pas mau masuk tenda ini, iseng iseng gue lihat ke atas, ge ngerasa gak asing dengan kondisi langit yang seperti ini. Baru dah gue inget, dulu pas camping pertama kali di Kenawa, langit malam nya juga kayak gini, penuh bintang kecil kecil, langit itu seperti tertutup debu putih putih kecil, dan saat itu pas banget terjadi Hujan Meteor atau lebih dikenal dengan nama Bintang Jatuh. Nah peristiwa itu terulang dini hari ini, Aaaaaaaaa laksana Dejavu... Sesuatuk ya.. keberuntungan yang luar biasa, dan saat itu juga gue panggilin semua temen temen yang udah pada siap tidor di tendanya. Awalnya sih mereka gak percaya, tapi setelah lihat sekali, eh mereka pengen liat lagi dan lagi, haha gak jadi tidor..
___________________________________

Tit Tot Tit Tot Tit Tot *suara Alarm Hape*

Hoamzz... buka, penutup tenda woh ternyata masih gelap. Tapi langit udah tak seindah malam tadi, dan di ufuk timur udah terlihat sedikit cahaya oranye pertanda sebentar lagi sunrise datang. Dasarr kebiasaan pagi hari, yang gak pernah kelewat, gue pun nyari tisssue dan senter, trus menuju pantai, menjauh dari tenda, Gali Gali pasir tru sjongkok disitu, menghadap ke timur.. Ahhhh syurgaaa bisa PuP sambil Liatin si calon Sunrise.

Terdengar suara krusak krusuk dari belakang, hoho ternyata udah ada satu temen yang bangun... Pup selesai, gue pun naik ke atas bukit ama temen gue itu, sebut saja "Agus". Gak terlalu tinggi bukit ini, jadi bisa cepet kita sampai puncaknya. Dan disini memang tempat terindah buat nikmatin sunrise di Kenawa, Pandangan bebas dari segala halangan... Aaaaaah Indahnya....

Waktu yang ditunggu tunggu pun tiba juga, sedikit demi sedikit sang mentari menampakkan batang hidungnya (eh emang punya hidung ya? #abaikan). Subhanallah, cantk bener sunrise pagi ini ya... Kuasa Tuhan memang luas biasa...

Gak lama temen temen pun pada naik semua, wohohoo telat dah mereka semua, matahari udah semakin meninggi. Semakin siang pemandangan dari atas bukti ini makin indah aja, terlihat bukit memanjang di sebelah timur, kelihatan juga kapal kapal parkir di Pototano, di belakang terlihat sedikit puncak rinjani tertutup awan, ah cantiknya...

Dan kita pun ber-Narsis ria di atas bukit ini :

Snorkling adalah kegiatan wajib bila kita dateng ke Pulau Kenawa ini. Tidak terlalu istimewa sih kehidupan bawah lautnya, jauh lebih indah di Gili Kondo (kalau dibandingkan). Yang banyak itu bintang lautnya, bertebaran di sana sini tertutama yang berwarna biru mencolok, mudah seklai ditemukan. Yang bagus itu di bagian vertikal nya alias dinding/wall. Masih alami banget... Tapi gue gak berani mendekat, hihihi takut ketarik arus gitu, coz langsung dalem curam gitu.

Oia dari kita berlima, cuma tiga orang aja yang snorkling, sedangkan yang lain sepertinya lagi gak mood snorkling, eh mereka malah asyik masak buat kita kita, ya sudah pas kita selesai snorkling, masakan udah mateng.. Wohooo mantaaap, nasi goreng special Pulau Kenawa pun siap disantap...

Setelah makan makan dan istirahat, kapal jemputan pun dateng menjemput kita. Oia seperti perjanjian ama tukang perahu kemaren, kita pun diantarkan dulu muter muter pulau buat lihatin alam bawah lautnya pakai Glass Bottom Boat...

sedikit demi sedikit, Kapal pun menjauh dari Pulau Kenawa, menuju Pototano... Ahhh indahnya perjalanan kali ini..

Dermaga Pulau Kenawa

Info Tambahan : Peta Lokasi Wikarya (Tempat Penyewaan Alat Camping di Mataram)

jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH
Share:

1. masih alami. lestarikan!

2. Dan gw hnaya bisa melihat kenawa dari atas perbukitan desa mantar sumbawa tapi suatu saat aku akan kesana.

Bolak balik ke sumbawa tp blm perna lewat pototano, selalu merapat di pelabuhan benete milik Newmont Nusa Tenggara :(

1. wajib kesana... sunrise dan sunsetnya juara... apalagi langit malamnya... beuhhhh.. Kebetulan dua kali kesana pasti pas Meteor Rain, hohoho

3. Mas boleh minta cp wikarya ga? Thanks..

4. This comment has been removed by the author.

5. uuh... bagus banget..(y) semoga saya bisa mengunjungi tempat ini suatu saat...