Pantai Sowan, Sudut Tersembunyi di Lombok Timur

Wilayah Jerowaru memang menyimpan banyak pantai pantai alami yang belum terjamah wisatawan, seperti Pantai Rawan dan Pantai Sowan ini, untuk info dan foto lebih lanjut mengenai Pantai Rawan, silakan klik di sini.

Nah untuk Pantai Sowan, silakan di simak di postingan ini yaa

Pantai Sowan ini terletak persis di sebelah kanan Pantai Tangsi, yang dibatasi oleh bukit, bila dilihat dari atas, pantai ini terletak antara Tanjung Ringgit dan Pantai Tangsi.

Meskipun berdampingan dengan Pantai Tangsi yang berpasir PINK, Pantai Sowan ini pasirnya tidak berwarna pink, tapi berwarna putih bersih. Garis pantai nya pun pendek, gak sampai seratus meter.

Bagaimana bisa sampai ke Pantai Sowan ini?

Okee akan saya jelaskan berdasarkan pengalaman saya kemaren.

Saya ambil titik awalnya di Kota Mataram ya.

Dari Mataram bisa menggunakan sepeda motor, atau mobil. Tidak ada angkutan umum menuju lokasi pantai, jadi harus pakai kendaraan pribadi, atau bisa nyewa di penyewaan kendaraan di Mataram.

Pertama, arahkan kendaraan menuju Kota Praya di Lombok Tengah, ikuti aja petunjuk arah di jalan jalan kalau bingung, kalau masih bingung juga, tanya saja ke penduduk setempat. 

Sampai di Praya, arahkan kendaraan menuju timur, jalanan sudah beraspal halus sekarang, sangat berbeda saat saya melewatinya 2 tahun lalu, masih masih rusak hancur dan lebur. Nanti akan melewati daerah yang namanya "Mujur", kemudian daerah "Ganti", kemudian "Jerowaru".

Di jalur panjang sekitar 30 KM-an ini akan melewati 2 SPBU di sebelah kanan, bila sudah melewati SPBU kedua, akan ada pertigaan dimana di tengahnya ada pohon, nah beloklah ke kanan, ikutin aja jalan aspalnya, bila sudah sampai di Pasar Jor Jerowaru, belok lah ke kanan. Oia dulu jalan ini rusak berat lho, bekas aspal berbatu gitu, tapi sekarang sudah super halus.

Tidak lama, akan bertemu dengan pertigaan lagi, beloklah ke kiri, terus aja ikutin jalurnya, bila bertemu dengan pertigaan Tanjung Ringgit - Pantai Surga/Teluk Ekas, lurus aja ya, sekitar 3 KM dari pertigaan ini, akan ada pertigaan lagi, ambil arah kiri, karena kalau lurus, kita akan sampai di Pantai Kaliantan.

Nah di sini kita akan melewati Jalur Penyiksaan, kenapa? Karena jalur sepanjang sekitar 15 KM ke depan ini berupa bekas aspal yang sudah hancur, berbatu, berlubang dan bergelombang, jadi harus super hati hati, terutama kalau naik motor, jangan sampai tergelincir. Sebaiknya jangan gunakan kendaraan berjenis Sedan, kasihan mobil nya.

Perjalanan sepanjang 15 KM ini akan dihiasai dengan padang ilalang, beberapa pemukiman, warung warung, serta hutan. Tapi tenang aja, berdasarkan pengalaman saya, jalur ini aman.

Setelah 15 KM (dikira kira dengan melihat Speedometer kendaraan), akan ada pintu masuk kecil di sebelah kiri, di situ ada petunjuk, bahwa ini jalur masuk ke Pantai Tangsi, masuk dah ke situ, karena sementara ini Pantai Sowan belum ada akses daratnya langsung.

Kondisi jalan berikutnya yaitu jalanan menurun berupa tanah berbatu karang putih gitu, kalau mobilnya gak yakin bisa melewati rintangan ini, sebaiknya sih diparkir di pintu masuk saja, takutnya nanti pas naik, gak bisa jalan mobilnya.

Setelah sampai di Pantai Tangsi, sewalah perahu milik nelayan, tanpa tawar menawar, kemaren saya dikasih tarif 50 ribu, untuk dua orang. Dan perjalanan laut menuju Pantai Sowan pun dimulai. Perahu mengarah ke arah kanan dari Pantai Tangsi. Ini foto foto dari atas perahu nya:



Oia, kita gak langsung ke Pantai Sowan nya lho, tapi berhenti dulu di beberapa tempat untuk snorkling, kita bisa milih mau berhenti dimana, karena dri atas kapal kita bisa melihat dasar lautnya, air nya bening banget, dan gak ada ombak. Bening sebening beningnya sehingga berbagai jenis ikan, bintang laut dan terumbu karang nya bisa terlihat dari atas perahu.



Dengan berbekal alat snorkle yang saya bawa, saya pun nyebuurrr. Oia di sini gak ada penyewaan alat snorkle ya, jadi harus bawa sendiri

Aaaaaaa, indah banget bawah lautnya, terumbu karangnya berwarna warni, besar besar seukuran meja meja gitu, masih alami ada yang keras juga ada yang lunak, yang akan menari nari mengikuti arah arus. Dengan dihiasi ikan ikan kecil dan bintang laut berwarna biru

Oia di sini banyak banget ubur ubur transparan kecilnya, yang akan terasa di kulit, menyengat nyengat gitu, clekit clekit, kadang meninggalkan bekas merah kecil di kulit. Bila diperhatikan lebih seksama di airnya, kita bisa melihat dengan jelas ubur ubur kecil itu, berwarna bening putih alias trasparan, menari nari gitu. Grrrr....


Tak berapa lama, sampailah di Pantai Sowan, yeah..... ini lah pantai yang masih sangat alami itu :

Garis pantainya pendek, lebar nya pun cuma beberapa meter, karena di sisi sebelah belakang langsung bukit yang penuh ilalang dan pepohonan. Tapi pasirnya terlihat putih, halus dan bersih. Luar biasa....

Kami tidak menginjakkan kaki di pantai ini, kami hanya snorkling di sekeliling perairan Pantai Sowan ini.

Setelah puas, kami pun melanjutkan perjalanan laut menuju Pantai Temeak

(bersambung.....tunggu postingannya ya,,,)

LOKASI / PETA PANTAI SOWAN DI WIKIMAPIA :





jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH

0 comments:

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar