Pemandangan dari Ketep Pass, Magelang

Huhu, ane jalan jalan ke Magelang nih, kota tetangga. Tujuannya adalah Ketep Pass, yang terletak di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dari Puncak bukit ini kita bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa, bahkan puncak Gunung Merapi sangat terlihat jelas bila tak tertutup awan, serasa sangat dekat dengan puncak gunung yang November lalu batuk.

Obyek Wisata Ketep Pass terletak pada ketingggian 1200 meter dpl. Luas area sekitar 8000 m persegi, berjarak 17 km dari Blabak Magelang kearah timur, 30 km dari Kota Magelang dan 35 km dari Boyolali. Dari kota Salatiga yang berjarak sekitar 32 km, dan 30 km dari Candi Borobudur. Lokasi Obyek mudah dijangkau baik dengan Bus Besar, Mini bus, mobil keluarga maupun sepeda motor, karena jalannya yang sudah halus.

Objek wisata ini dibangun atas prakarsa Gubernur Jawa Tengah H.Mardiyanto, dipilih tanah berbukit ini untuk dikembangkan sebagai tempat tujuan wisata baru di jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB) dengan ciri khas wisata kegunungapian. Obyek Wisata Ketep Pass diresmikan oleh Presiden RI Megawati Sukarno Putri pada 17 Oktober 2002.

Oia, di sini ada beberapa fasilitas yang dapat kita nikmati, yaitu:
  1. Ketep Volcano Theater.
    Di sini kita bisa melihat pemutaran film tentang aktivitas Gunung Merapi, terjadinya erupsi merapi, jalur-jalur pendakian, penelitian dipuncak Garuda serta beberapa letusan dahsyat Gunung Merapi, dengan durasi kurang lebih dua puluh menit.

  2. Pelataran Panca Arga.
    Panca artinya Lima, sedangkan arga artinya gunung, jadi Panca Arga mempunyai arti Lima Gunung. Dari puncak tertinggi ini pengunjung dapat melihat Lima Gunung yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Slamet.

  3. Teropong.
    Di dekat pelataran panca arga ada teropong yang bisa kita manfaatkan untuk melihat lebih dekat puncak Merapi, akan tetapi harus bayar sewanya. Hehe, gak gratis lho.

  4. Gazebo.
    Di gazebo ini kita bisa beristirahat, duduk duduk, ngobrol ngobrol sambil menikmati makanan bersama keluarga.

  5. Aula.
    Bangunan tak berdinding yang cukup luas ini bisa disewa untuk pertemuan atau acara tertentu.

  6. Permainan anak.
    Ada juga permainan anak anak (seperti gambar di bawah)









0 comments:

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar