Mengembara dengan Cinta

Stasiun Tugu Yogyakarta

No comments

Siapa seh yang tidak tahu dengan Stasiun Tugu? Stasiun ini merupakan pintu gerbang bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Jogja. Apalagi dengan adanya Kereta Api Pramex jurusan Purworejo Solo, semakin menambah wisatawan yang datang melalui Stasiun ini. Kalau hari Sabtu Minggu, kereta Pramex dari Purworejo penuh sesak oleh warga Purworejo yang liburan di Jogja, khususnya untuk berbelanja di kawasan Malioboro.

Nah Stasiun ini beserta rel KA yang membujur dari barat ke timur merupakan daerah perbatasan antara Kecamatan Jetis dan Gedongtengen. Stasiun ini melayani pemberangkatan dan kedatangan kereta api (KA) kelas eksekutif dan bisnis, sedangkan untuk pemberangkatan dan kedatangan KA kelas ekonomi dilayani di Stasiun Lempuyangan yang jaraknya tidak jauh dari Stasiun ini

Dahulu, di stasiun ini terdapat dua percabangan jalur di sisi barat stasiun yang saat ini sudah tidak ada lagi. Jalur pertama ke utara menuju Magelang dan Parakan. Bekas jalur Jogja-Magelang ini dapat kita lihat di beberapa tempat di Jalan Tentara Pelajar, Yogyakarta. Jalur yang satu lagi, ke arah selatan menuju Palbapang di Kabupaten Bantul. Bekas jalur ini juga masih terlihat di beberapa tempat, salah satunya adalah yang sekarang menjadi lapangan parkir di sisi barat laut Kraton Yogya.

No comments :

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar