Sejuknya Kebun Teh Kemuning, Karanganyar

Salah satu tempat wisata yang sangat memesona saya adalah kebun teh, karena di kampung saya, yaitu di Purworejo tidak ada kebun teh. Kebun teh yang pernah saya kunjungi adalah Kebun Teh Kemuning.

Kebun Teh Kemuning terletak di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, satu kecamatan dengan Air Terjun Jumog. Luas lahan yang aktif berproduksi perkebunan ini adalah 392 hektar, dari total seluas 437 hektar. Sisanya untuk pabrik pengolahan teh, pembibitan, emplasemen dan rumah dinas atau rumah tinggal. Dari lahan aktif, bisa dihasilkan 12 hingga 15 ton daun teh basah.



Untuk menuju lokasi ini tidak terlalu sulit, jalan sudah halus beraspal, namun harus penuh kewaspadaan karena jalan berkelak-kelok, naik turun, dan di kanan kiri jurang. Secara geografis, Kemuning berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Surakarta. Bisa dicapai dengan mudah dengan berbagai jenis kendaraan bermotor. Lokasi tepat perkebunan ini ada di 11,10-11,250 BT dan 7,40-7,60 LS.

Ketinggian tempatnya bervariasi antara 800 hingga 1.540 meter di atas permukaan laut. Kawasan Kemuning berada di antara Candi Sukuh dan Candi Cetho. Tanahnya sangat subur karena jenis tanahnya didominasi andosol. Sekitar 40 persen sisanya berjenis latosol. Bagi yang jenuh dengan suasana kota, Kemuning bisa dipilih menjadi tujuan wisata. Jauh dari kesan pengap, panas dan sumpek. Sebab, kelembaban berkisar 60-80 persen. Sedangkan intensitas penyinaran matahari hanya 40-55 persen.



Pokoknya tempat ini bagus banget buat refreshing, dengan udara yang sejuk bisa membuat pikiran kita segar kembali setelah jenuh dengan rutinitas.

(kamera Hp Nokia Jadul... Haha lupa serinya)

0 comments:

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar